30 Contoh Undangan Pernikahan Elegan Yang Kamu Bisa Tiru

Kategori: 

Undangan itu bukan cuma tentang kata-kata yang bisa dipahami dan dimengerti oleh penerima undangan tetapi juga tentang kesan penghargaan saat mendapat undangan.

Ada kalanya penerima undangan itu merasa dirinya terhormat untuk bisa mendapatkan undangan sebuah acara. Apalagi acara itu adalah acara pernikahan yang sifatnya terbatas dan hanya melibatkan orang-orang terdekat saja.

Itu sebabnya undangan bisa juga berfungsi sebagai semacam tropi bagi penerimanya.

Lalu bagaimana caranya agar penerima undangan bisa merasa wow saat menerima undangan? Sebelumnya Manualle telah membahas tentang tips menulis kata-kata untuk undangan pernikahan. Selanjutnya adalah tentang bagaimana membuat undangan yang berkesan melalui desain dan tampilan.

Nah, Manualle di kesempatan ini akan memberikan beberapa contoh undangan menarik yang bisa kamu tiru dan gunakan sebagai referensi. Harap diingat, undangan merupakan salah satu sumber sampah yang paling banyak dihasilkan dari pernikahan. Sehingga Manualle lebih pro dan menyenangi undangan yang sederhana, simpel namun elegan.

Dari contoh-contoh yang ada, kamu mungkin akan menemukan undangan yang secara teknik finishingnya mirip. Sebab Manualle sebenarnya lebih memperhatikan aspek estetik desain dan jenis kertas yang sekiranya lebih ramah lingkungan atau bisa segera diolah kembali menjadi kertas daur ulang.

Sebelum melihat desain-desainnya, Manualle ingin memberi sedikit penjelasan tentang seperti apa sih seharusnya undangan yang minim sampah itu?

Kriteria undangan minim sampah

Prinsip menggunakan undangan pernikahan yang minim sampah di Indonesia memang masih kurang populer dilakukan. Karena memang undangan pada umumnya terkait dengan permintaan orang tua mempelai yang sering tidak berani mengambil resiko untuk terkesan buruk diantara keluarga, teman, sejawat dan kolega.

Tapi bukan berarti mengundang pakai undangan pernikahan yang minim sampah tidak bisa dilakukan lho. Hal yang pertama harus dipahami adalah dari segi jumlah penerima undangan.

Undangan keluarga dan rekan dari orang tua mempelai biasanya wajib fisik karena umumnya mereka adalah generasi yang tidak akrab dengan teknologi. Sehingga mau tidak mau undangan fisik harus tetap ada. Belum lagi soal peta lokasi yang tentu sulit jika mereka harus melihat aplikasi ataupun internet.

Itu sebabnya untuk undangan sebaiknya tidak sepenuhnya menggunakan undangan digital. Tapi kalau orang tua mengizinkan seluruh undangan diundang menggunakan undangan digital tentu lebih baik.

Nah, agar tetap efisien, untuk mengundang keluarga dan rekan orang tua harus benar-benar jelas daftarnya. Upayakan tidak ada penambahan undangan yang berlebihan. Ingat tujuannya adalah mengurangi sampah yang sia-sia.

Selanjutnya adalah tentang pemilihan kertas. Di Indonesia daur ulang kertas adalah sesuatu yang jarang dilakukan namun kertas daur ulang tetap ada di pasaran kok. Masalahnya, tidak semua vendor undangan memiliki atau tahu kertas daur ulang itu seperti apa.

Sehingga ada beberapa opsi terkait kertas. Pertama, yakni kamu bisa cari kertasnya sendiri kemudian serahkan pada vendor untuk kemudian dicetak menjadi undangan.

Opsi kedua, adalah kamu harus bisa menemukan vendor yang bisa mencetak undangan menggunakan kertas daur ulang.

Dua opsi ini bukan opsi yang terbilang mudah. Jika kamu mencari kertas tentu kamu harus meluangkan waktu untuk bertanya kesana kemari mencari kertas daur ulang. Sementara kalau mencari vendor yang bersedia, juga tidak kalah sulitnya.

Tapi Manualle yakin jika kamu bisa menemukan vendor yang tepat kamu akan bisa menggunakan vendor tersebut untuk berbagai hal yang ramah lingkungan.

Sudah jelas ya kira-kira apa yang harus diupayakan ketika ingin membuat undangan yang minim sampah.

Selanjutnya adalah bahasan yang ditunggu-tunggu nih. Soal contoh undangan elegan yang kamu bisa tiru untuk acara pernikahanmu.

Manualle berupaya untuk bisa selalu mereferensikan materi yang kamu bisa langsung kontak vendornya. Sehingga kamu tidak perlu untuk mencari-cari lagi di mana harus mendapatkan produk yang kamu butuhkan untuk pernikahan.

Oke ini daftar undangannya. (Nomor urutan bukan berarti peringkat ya).

1. Vendor: Panorama Undangan

Hal yang kami suka dari undangan ini adalah undangannya simpel dan tidak banyak menggunakan banyak kertas. Desain juga tidak terlalu ramai sehingga pesan yang disampaikan bisa segera dipahami pembaca. Selain itu karena minimalis, tinta yang dibutuhkan juga sedikit.

2. Vendor: Yulia Wedding Card

Undangan ini hanya menggunakan satu lembar kertas! Dan Manualle sangat menyukainya. Hanya saja dari segi tampilan kata-kata undangan ini terlalu ramai. Jadi sulit untuk dengan segera dibaca isi undangannya.

3. Vendor: Warna-warni Undangan

Gaya minimalis adalah favorit kami dan undangan ini cukup minimalis dengan undangan satu lembar kertas saja.

4. Vendor: The Print Media

Mengundang orang ke acara kita dengan undangan lipat seperti ini juga tidak masalah kok. Selama desain dan kata-kata di dalamnya cukup ringkas dan jelas. Cukup satu lembar dilipat dan kamu sudah bisa mengundang orang-orang terdekat.

5. Vendor: Berlian Invitation

Dari segi desain undangan ini sangatlah elegan. Manualle sangat suka undangan berbentuk amplop seperti ini karena selain masih bisa digunakan kembali, undangan amplop juga minim sampah. Tidak ada ornamen yang tidak terpakai. Sayangnya, kartu suvenir dibuat terpisah dari undangan sehingga saat diserahkan di acara ini pasti akan terbuang. Mungkin kamu bisa menempelkan bukti tukar suvenir di badan amplop.

6. Vendor: Kami Paperie

Bicara soal elegan, warna-warna gelap memang memberi kesan elegan. Undangan ini contohnya. Cukup membuat amplop kemudian beri desain yang minimalis namun tegas.

7. Vendor: Mamah Undangan

Desain undangan seperti ini cukup standar untuk mengundang tamu datang ke acara pernikahanmu. Biasanya vendor sudah banyak membuat undangan seperti ini. Kamu mungkin bisa bertanya apakah vendor bisa menyediakan jenis kertas yang lebih ramah lingkungan.

8. Vendor: Tamscreative

Undangan ini terbilang sebagai undangan yang bisa memanfaatkan ruang dengan cukup efektif. Ukurannya pas, dan isi undangan juga tidak terlalu kecil. Sehingga kata-kata yang disampaikan dalam undangan bisa lebih lega dan jelas. Sayangnya undangan ini masih menggunakan plastik di bagian nama penerima undangan. Kamu bisa nego dengan vendor untuk tidak menggunakan plastik ya.

9. Vendor: Cherish Paper

Kunci dari undangan elegan adalah ada di desain. Minimalis boleh tetapi pastikan undangan kamu punya karakter. Atau maksimalkan saja ruang undangan yang ada unguk membuat undanganmu meriah dan menarik seperti undangan yang satu ini. Tapi hati-hati, undangan seperti ini punya ruang yang sempit untuk kata-kata.

10. Vendor: Bogor Ondangan

Desainnya juara, dan finishingnya tidak neko-neko. Kamu bisa gunakan undangan seperti ini untuk undangan minim sampahmu.

11. Vendor: Onward Invitation

Bosan dengan undangan beramplop? Bagaimana jika kamu membuat undangan yang sampulnya juga adalah undangan. Nah ini contohnya. Tapi finishing pita bisa kamu kurangi agar tidak ada banyak sampah.

12. Vendor: Bogor Ondangan

Lagi nih, undangan dengan bentuk yang tidak biasa. Bentuknya asimetris tetapi tetap minim kertas. Undangan seperti ini bisa jadi pilihan jika kamu tidak ingin menggunakan undangan dengan desain yang biasa-biasa saja. Kombinasikan pula dengan desain yang menarik, undangan kamu akan semakin lebih elegan.

13. Vendor: Shadwerk

Mengundang dengan cukup satu lembar undangan dan amplopnya bisa digunakan kembali untuk keperluan lain. Undangan ini cukup elegan dan bentuk amplopnya jarang ditemukan. Memberi kesan elegan dan eksklusif.

14. Vendor: Jogja Design

Mirip seperti bentuk amplop sebelumnya. Desain undangan ini memiliki amplop yang tegas dan elegan. Dengan penggunaan kertas undangan yang efektif.

15. Vendor: Percetakan Sofyan

Undangan ini cukup standar tapi Manualle suka dengan desainnya yang bernuansa hijau dan bertema tumbuhan. Kalau temanya hijau dan tumbuhan, pastikan pernikahannya juga ramah lingkungan ya. Hehe..

16. Vendor: Moria Invitation

Membuat undangan menggunakan kertas craft yang biasanya adalah kertas daur ulang seperti ini adalah ide yang baik. Tetap memberi kesan elegan namun juga indie. Cukup dikombinasi dengan undangan yang efisien. Sayang undangan ini ada pernik save the date yang sebenarnya akan terbuang sia-sia.

17. Vendor: Lavlav Wedding

Manualle cukup suka dengan desain undangan ini. Namun dari segi kertas kamu bisa pilih kertas yang ramah lingkungan ya.

18. Vendor: Tekaktekuk

Jenis undangan kompak namun tidak menggunakan kemasan amplop. Undangan seperti ini bisa jadi referensi untuk pernikahanmu. Tapi ingat, usahakan tidak menggunakan pernak-pernik kertas kecil ya, karena sering kali pernak-pernik seperti itu hanya akan terbuang.

19. Vendor: Diara Undangan

Undangan bergaya amplop tapi punya akses yang berbeda, asimetris. Memberikan kesan berbeda dan elegan untuk acara pernikahan kamu.

20. Vendor: Undangan Batak

Ornamen etnik sering kali akan membuat desain undangan menjadi ramai dan penuh. Namun undangan yang satu ini terlihat elegan dan indah hanya dengan kata-kata dan hiasan yang minimalis. Bisa kamu coba dan tiru.

21. Vendor: Wirajaya

Butuh alternatif bentuk amplop? Undangan ini mungkin bisa jadi referensimu. Undangan dengan amplop klasik lengkap dengan perangkonya.

22. Vendor: Book Idea

Ada juga bentuk amplop lainnya seperti ini. Bentuk kertas isi undangan yang juga tidak biasa. Simpel namun tetap terkesan elegan.

23. Vendor: Gracia The Invitation

Undangan tidak melulu berbentuk horisontal, ada kalanya kamu juga bisa menggunakan bentuk vertikal layaknya menu di restoran-restoran. Tentu undangan seperti ini perlu desain dan penulisan kata-kata yang efektif.

24. Vendor: Caramel Card

Hal yang Manualle senangi dari undangan ini adalah warna dan penggunaan ruang untuk kata-kata yang elegan. Tidak terlalu banyak kata namun bisa menunjukkan pesan secara jelas.

25. Vendor: Paper and Oath

Memanfaatkan ruang dalam amplop semaksimal mungkin tentu bagus. Karena dengan satu kemasan kamu bisa menyampaikan banyak informasi lewat isi undangan yang beragam. Undangan ini contohnya. Manualle suka sekali dengan desainnya, abu-abu dengan sedikit kata-kata, elegan.

26. Vendor: Serat Ulem Undangan

Undangan dengan amplop mungkin sudah biasa. Kamu hanya perlu kreatifitas untuk mendesain agar terlihat elegan. Namun undangan ini ada yang berbeda karena menggunakan kantong. Kantongnya menarik dan bisa digunakan kembali! Tapi agar orang lebih mau untuk menggunakan kantong seperti ini kamu cukup munculkan logo tanpa ada tanggal.

27. Vendor: Jogja Weddingnet

Menggunakan kertas kayu seperti ini adalah ide yang baik untuk mengesankan undangan ramah lingkungan. Kamu bisa tiru penggunaan kertas seperti ini. Sayangnya kemasan undangan ini menggunakan kertas buram yang terbuat dari plastik.

28. Vendor: Furemu.id

Satu lagi undangan yang berusaha bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Undangan dengan memberi kantong kulit. Biayanya mahal sih pasti, tetapi ini ide yang bagus selain bisa untuk kemasan undangan, kantongnya bisa digunakan lagi.

29. Vendor: Kami Paperie

Desain undangan elegan seperti ini Manualle juga sangat suka. Warnanya hijau dikombinasikan dengan warna pastel mengesankan undangan yang dekat dengan alam. Kertasnya juga kertas yang tidak terlalu rapi biasanya kertas seperti ini adalah hasil daur ulang.

30. Vendor: Blue Belle

Dan yang terakhir, undangan dengan desain minimalis elegan seperti ini bisa kamu jadikan referensi. Satu amplop dan satu isi kemudian diberi bunga. Tantangannya mungkin ada di bagaimana menulis kata-kata secara efektif dan sebaiknya tidak menggunakan tangkai bunga. Bisa diubah menjadi benih atau dedaunan.


Nah itu tadi 30 undangan elegan yang Manualle pilih dari berbagai vendor yang ada. Undangan-undangan di atas bisa jadi referensi untuk kamu saat mengundang tamu ke acara pernikahan. Semuanya menarik dan tidak ada yang benar dan salah. Pastikan sesuai dengan tema dan selera ya.

Harap diingat bahwa tidak semua vendor di atas sudah bekerja sama dengan Manualle. Sehingga vendor-vendor yang ada belum tentu mampu memberikan undangan yang ramah lingkungan ataupun minim sampah. Namun tidak ada salahnya jika kamu berkomunikasi dengan para vendor, apakah mereka bisa menyediakan undangan dengan spesifikasi khusus yang ramah lingkungan.

Dan jika kamu mengetahui vendor ataupun pihak yang bisa menyediakan undangan minim sampah, mungkin kamu bisa merekomendasikannya untuk bekerja sama dengan Manualle. Agar mereka juga bisa menjadi bagian gerakan pernikahan minim sampah untuk melestarikan dan merawat bumi kita tercinta.

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

03/30/2020
9 Cara Memilih Katering untuk Acara Pernikahan

Ada banyak sekali vendor katering yang tersedia dengan berbagai macam jenis menu dan kualitas. Mana yang harus dipilih?

Read More
03/14/2020
7 Tips Memilih Suvenir yang Tepat Untuk Pernikahanmu

Memilih suvenir untuk pernikahan tidaklah mudah. Itu sebabnya kamu harus bisa merencanakan dengan baik suvenir seperti apa yang ingin kamu berikan pada tamu undangan.

Read More
03/11/2020
11 Alternatif Sedotan Untuk Menggantikan Sedotan Plastik

Sedotan-sedotan lain yang bisa menggantikan sedotan plastik yang berbahaya untuk lingkungan.

Read More
2020
Manualle
Developed by TEKNOIA Creative
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram