Manuall.é  Story

Minimal Waste Wedding Platform


Tren pernikahan di indonesia

Penikahan di Indonesia merupakan bagian dari fase kehidupan yang sakral karena erat kaitannya dengan unsur religiusitas, upacara adat, kekeluargaan, serta kekayaan nilai-nilai sosial-budaya yang unik. Kompleksitas nilai tersebut membuat pernikahan di Indonesia seringkali dilaksanakan dalam serangkaian acara yang berlangsung lebih dari satu hari dengan ratusan hingga ribuan tamu undangan dan melibatkan banyak sumber daya pendukung.

Trend pesta pernikahan terus ditawarkan oleh berbagai media serta pameran-pameran pernikahan yang semakin menjamur di pusat-pusat keramaian. Terdapat daftar panjang persiapan pesta pernikahan di Indonesia yang tak ayal menjadi sebuah industri baru dengan perputaran ekonomi yang tinggi dan terus mengalami peningkatan dalam sepuluh tahun terakhir. 

Bridestory merilis Laporan Industri Pernikahan 2017 di Indonesia dalam survey pada 5000 pasangan pengantin dan mencatat biaya pernikahan yang dikeluarkan mulai dari 20 - 400 juta hingga jumlah tertinggi 350 juta hingga 2 milyar. CNBC Indonesia mencatat sejak 2018, biaya pernikahan tersebut terus mengalami peningkatan hingga 20% setiap tahun.

Dampak sampah pernikahan

Di sisi lain, biaya yang kian melambung tinggi ini ternyata juga memunculkan persoalan lingkungan karena banyaknya limbah sisa yang ditinggalkan. Berdasarkan data Huffpost, pesta pernikahan di Amerika Serikat yang berlangsung selama enam jam untuk sekitar 100 tamu undangan ternyata menyumbang sebanyak 200 hingga 300 kg limbah sisa.

Limbah pernikahan ini pada umumnya adalah sisa makanan, plastik sekali pakai pada undangan, suvenir, wadah-wadah makanan sekali pakai, styrofoam, sendok dan sedotan plastik, serta kotak-kotak hadiah yang sulit terurai. Hal ini tidak jauh berbeda dengan trend pesta pernikahan yang terjadi di Indonesia. Angka yang lebih besar juga dihabiskan untuk berbagai macam pelengkap dan dekorasi lainnya yang tidak bisa digunakan berulang dan kerap berakhir di penampungan sampah.

Data tersebut semakin besar pula jumlahnya apabila pesta pernikahan yang dilaksanakan mengundang tamu yang lebih banyak dengan rangkaian acara yang lebih beragam.

pernikahan yang baik untuk alam

Di Indonesia, kesadaran dampak lingkungan dari limbah pernikahan masih tergolong minim. Konsep pernikahan minim sampah belum bisa diterima luas oleh masyarakat.

Masih dibutuhkan banyak sosialisasi dan informasi bagi calon pasangan untuk melaksanakan konsep pernikahan minim sampah. Pengenalan konsep pernikahan minim sampah dapat dilakukan melalui berbagai seminar dan talkshow, artikel ulasan serta memberikan arahan bagaimana calon pengantin bisa menemukan vendor-vendor pernikahan yang memiliki visi sadar lingkungan.

melindungi yang tak terganti

Manuall.é merupakan sebuah Minimal Waste Wedding Platform dan brand product penyedia souvenir pernikahan ramah lingkungan untuk mengurangi dampak sampah pernikahan.

Manuall.é mengawali langkahnya di Surabaya pada tahun 2019 dengan memproduksi souvenir ramah lingkungan yang berasal dari para pengrajin lokal di Brebes, Jember, Sidoarjo, Jombang, Malang dan Surabaya.

Souvenir yang diproduksi oleh Manuall.é berupa alat-alat makan dari kayu; sendok, garpu dan sumpit kayu; sedotan bambu; seduhan teh dan kopi lokal; madu; dan biji tanaman yang semuanya dibuat tanpa menggunakan bungkus plastik. Produk Manuall.é didesain berkualitas, memiliki nilai estetika sekaligus fungsional dan dapat digunakan dalam aktivitas keseharian.

Sebagai platform pelopor pernikahan minim sampah di Indonesia, Manuall.é menginisiasi berbagai kegiatan talkshow, seminar tatap muka, dan webinar online untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dampak lingkungan dari limbah sisa pernikahan. Tidak hanya itu, Manuall.é juga membantu memberikan layanan konsultasi, informasi vendor dan kiat-kiat melaksanakan konsep pernikahan minim sampah. Melalui situs web dan media sosialnya, Manuall.é memberikan ulasan mengenai pesta pernikahan minim sampah yang sudah pernah dilaksanakan oleh beberapa orang sebelumnya sebagai inspirasi.

Dengan visi sadar dampak lingkungan akan limbah pernikahan ini, Manuall.é ingin mengajak para calon pasangan mewujudkan pernikahan impian dengan kesadaran untuk melindungi bumi, sebagai rumah yang tak terganti bagi seluruh makhluk hidup.

Let's partner up with us

2020
Manualle
Developed by TEKNOIA Creative
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram