Pernikahan Minim Sampah Ala Manuall.é

02/06/2020
Editor Manualle

(JOSSTODAY.COM) - Pesta pernikahan adalah sesuatu yang sudah menjadi budaya di Indonesia. Bahkan hampir setiap kali pernikahan dilaksanakan, perayaan pesta tidak bisa dipisahkan. Data pun menunjukkan bahwa rata-rata biaya pernikahan adalah 20 juta hingga 400 juta untuk tingkat menengah. Sementara biaya yang tinggi bisa mencapai 350 juta hingga 2 milyar rupiah dalam satu perayaan pesta pernikahan yang lebih meriah (Bridestory, 2017).

Angka biaya pesta pernikahan pun ternyata meningkat dalam satu tahun. Pesta pernikahan menengah yang sempat berbiaya sekitar 20 juta pada survey tahun 2017, kini naik menjadi 50 juta untuk pesta dengan 100 undangan di tahun 2018. Sementara angka tertinggi yang pernah terjadi dalam satu pesta perayaan meningkat menjadi 5 milyar rupiah pada tahun yang sama. (Bridestory, 2018). Data tersebut diambil di empat wilayah besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali.

Masalahnya, angka nilai pesta pernikahan yang semakin tinggi juga diikuti oleh masalah sampah yang ditimbulkan. Sampah hasil limbah dari pesta pernikahan bisa mencapai 200 sampai 300 kg sampah untuk acara pesta 6 jam untuk 100 tamu.

Beberapa limbah pesta pernikahan tersebut umumnya adalah: sisa makanan; plastik sekali pakai pada undangan dan suvenir; wadah makanan dan alat makan sekali pakai; dan kotak hadiah yang sulit terurai.

Padahal Indonesia hingga saat ini masih juga memiliki reputasi sebagai negara yang buruk dalam pengelolaan sampah dan penyumbang sampah plastik tertinggi kedua dunia.

"Kami melihat sampah dari pesta pernikahan ini adalah masalah yang harus diselesaikan. Dan kami mencoba untuk menawarkan solusi dan pendekatan berbeda untuk mengadakan pesta pernikahan. Yaitu pesta pernikahan yang minim sampah," ujar Gita Prayitno, Founder dari Manuall.é

Manuall.é hadir untuk menjadi sebuah platform dan hub untuk segala kebutuhan pesta pernikahan yang lebih etis dan peduli pada dampak lingkungan.

Para peserta dan kolaborator dalam Talkshow How To Organize A Minimal Waste Wedding (01/02)

Pada acara Talkshow & Brand Launching "How to Minimal Waste Wedding" yang berlangsung di Substitute Makerspace, Surabaya pada 1 Februari 2020 lalu, para peserta diajak untuk bisa mengadakan pesta pernikahan yang minim sampah. Pada kegiatan tersebut dijelaskan bagaimana proses-proses penyelenggaraan pesta pernikahan oleh praktisi wedding organizer, pelaku pernikahan minim sampah dan juga pendiri Manuall.é.

"Kami mengajak para peserta yang mayoritas sudah akan menikah untuk mengetahui bahwa ada alternatif cara untuk mengadakan pesta pernikahan."

Diharapkan melalui acara ini peserta tidak lagi bingung tentang bagaimana mengadakan pesta pernikahan yang minim sampah.

Manuall.é sendiri selain mengadakan talkshow juga akan memiliki berbagai inisiatif seperti terus menerus menggali cerita-cerita sukses para pengantin yang bisa mengadakan pernikahan minim sampah di Indonesia.

Melalui website dan media sosial Manuall.é akan terus berbagi informasi tentang konsep pernikahan minim sampah dan bagaimana mewujudkannya.

Tidak hanya itu, Manuall.é juga akan turut melibatkan langsung para vendor sebagai pelaku usaha dengan para calon pengantin yang mencari penyelenggara pesta pernikahan minim sampah.

"Sehingga kami berharap, dengan adanya Manuall.é tingkat sampah yang ditimbulkan dari pesta pernikahan akan berkurang dan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. Jangan sampai, atas nama cinta kita malah merusak lingkungan. Bersama-sama kita melindungi yang tak terganti dengan cinta”, pungkas Gita selaku founder Manuall.é.

Beberapa produk souvenir pernikahan minim sampah ala Manuall.é

Tentang Manuall.é

Manuall.é merupakan sebuah Minimal Waste Wedding Platform dan brand product penyedia souvenir pernikahan ramah lingkungan untuk mengurangi dampak sampah pernikahan.

Sebagai platform pelopor pernikahan minim sampah di Indonesia, Manuall.é menginisiasi berbagai kegiatan talkshow, seminar tatap muka, dan webinar online untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dampak lingkungan dari limbah sisa pernikahan.

Tidak hanya itu, Manuall.é juga membantu memberikan layanan konsultasi, informasi vendor dan kiat-kiat melaksanakan konsep pernikahan minim sampah. Melalui situs web dan media sosialnya, Manuall.é memberikan ulasan mengenai pesta pernikahan minim sampah yang sudah pernah dilaksanakan oleh beberapa orang sebelumnya sebagai inspirasi.

Dengan visi sadar dampak lingkungan akan limbah pernikahan ini, Manuall.é ingin mengajak para calon pasangan mewujudkan pernikahan impian dengan kesadaran untuk melindungi bumi, sebagai rumah yang tak terganti bagi seluruh makhluk hidup. 

Reported by Josstoday for Talkshow and Brand Launching Manuall.é

Artikel terkait

02/24/2020
30 Contoh Undangan Pernikahan Elegan Yang Kamu Bisa Tiru

Membuat undangan yang elegan dan minim sampah memang tidak mudah. Undangan-undangan ini bisa jadi referensi untuk kamu.

Read More
02/20/2020
3 Tips Cara Menulis Kata-kata Undangan Pernikahan yang Baik

Menulis kata-kata undangan tidak seperti menulis kata-kata tulisan ataupun puisi. Ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan

Read More
02/06/2020
Pernikahan Minim Sampah Ala Manuall.é

Dengan semakin banyak pernikahan minim sampah, diharapkan tingkat sampah yang ditimbulkan dari pesta pernikahan akan berkurang dan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan.

Read More
2020
Manualle
Developed by TEKNOIA Creative
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram